Rabu, 23 November 2011

Kue untuk Bulan


Apa maksudnya ya ??
maksudnya adalah kue bulan yang kita makan pada tanggal 15 bulan 8 kalender Chinesse.

Kue bulan merupakan panganan tradisional wajib warga Tionghua pada saat Festival Musim Gugur.  Bentuknya yang bulat melambangkan keutuhan dan kebulatan. Namun seiring dengan berkembangnya jaman, kue bulan ini memiliki beraneka macam bentuk. Perayaan yang jatuh setiap tanggal 15 bulan 8 kalender Cina ini akan ditandai dengan penampakan bulan paling bulat dan terang sepanjang tahun. Karena pada hari itu, jarak bulan ke bumi sangat dekat. 
Perayaan ini bermula dari panganan sesajian untuk persembahan dan penghormatan pada leluhur di musim gugur. Biasanya musim gugur merupakan musim panen yang melimpah ruah dan sesudah kerja keras selama musim panen itu dirayakan dengan berpesta sesudah sembahyang di rumah ibadah. Dan sekeluarga lengkap sambil duduk – duduk dan berkerumun , bersukacita dan saling melepaskan rindu ketika berkumpul dengan keluarga jauh sambil menikmati kue bulan tersebut.
Makna dari memakan kue bulan ini sebagai bagian dari rasa syukur kepada Tuhan karena telah memasuki pertengahan musim gugur guna berharap perjalanan hidup ke depan yang lebih baik lagi.
Asal mula perayaan musim gugur ini dipercayai telah ada lebih dari 2000 tahun yang lalu. Salah satu legenda asal mula kue bulan ini adalah legenda Hou Yi dan Chang E. Jaman dahulu kala di langit terdapat 10 buah matahari. Dan hal ini membuat manusia menderita karena panas yang di timbulkan dan kekeringan yang terjadi dimana –mana. Pada saat itu kehidupan menjadi sangat sulit untuk kaisar dan rakyatnya. Lalu kaisar pun memanggil pemanah handal yang dapat memanah dengan kecepatan tinggi dan sangat jauh. Kesembilan matahari itu pun di panah dan rakyat menjadi sejahtera kembali.
Sebagai hadiah, kaisar memberikan uang dan perhiasan yang banyak. Hou Yi mengambil hadiah ini dan menikahi Chang E. Kemudian Kaisar memanggil kembali Hou Yi untuk membangun sebuah istana baru. Tidak hanya pandai memanah, Hou Yi juga merupakan arsitek handal. Sebagai hadiah atas kekaguman Kaisar dengan hasil kerja Hou Yi, ia diberikan sebuah botol kecil yang berisi minuman keabadian. Kaisar mengingatkan Hou Yi untuk membaginya dengan Chang E. 

Sesampainya dirumah, Hou Yi yang sangat gembira bermaksud membagi minuman itu pada Chang E. Tetapi tidak sengaja, Chang E meminum semua cairan tersebut. Badannya menjadi sangat ringan dan perlahan ia mulai terbang ke atas. Akhirnya Chang E terbang sampai ke bulan, ia tidak dapat kembali ke bumi. Hou Yi yang frustasi setiap malam menyiapkan kue bulan yang di sukai Chang E dan memohon agar istrinya dapat kembali. Hanya satu keajaiban muncul yaitu jembatan bulan muncul malam hari, setahun sekali, saat bulan kedelapan lunar kalender, yaitu sekitar bulan September dan Oktober. Jembatan itu menghubungkan Bulan dan Bumi. Selama malam itu Chang-E dan Hou Yi kembali bersama untuk waktu yang singkat akan kebahagiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar