Selasa, 22 November 2011

2020, Indonesia Siap Jadi Kiblat Mode Dunia

INDUSTRI fesyen Tanah Air terus berkembang seiring waktu. Detak pertumbuhan kreativitas tampaknya semakin kencang manakala desainer muda gegap gempita sukses menggebrak mode.

Gebrakan tersebut mampu membuat dunia berpaling sehingga mode Tanah Air menjadi sorotan. Mungkinkah mimpi Indonesia menjadi kiblat mode dunia telah  di genggaman?

“Indonesia lebih dari siap menjadi kiblat mode dunia di tahun 2020. Tidak hanya mereka yang bekerja di dunia fesyen, tapi pemerintah dan pasar Indonesia sudah ‘capable’ untuk itu,” tutur Dian Pelangi usai pergelaran busana “Russkaya Raduga” (Pelangi dari Rusia) di Pacific Place, Sudirman, Jakarta, Senin (14/11/2011).

Dian menambahkan, dunia luar tampaknya melihat mode di Indonesia sebagai industri yang mudah untuk diikuti. Sebab, gaya desain yang dipakai cenderung dapat diterima oleh seluruh warga negara muslim.

“Warga Timur Tengah maupun Eropa mencari mukena di Indonesia. Bahkan, ‘blogger’ busana muslim asing kebanyakan mencuri ide dari desainer muslim Indonesia. Mengapa? Sebab desain Indonesia netral. Kalau negara lain gayanya susah diterima – dengan burka atau yang serbahitam,” jelasnya.

Namun, tanpa dukungan semua mimpi tersebut tiada artinya.

“Tapi untuk bisa terwujud, perlu dukungan penuh dari semua pihak. Tidak bisa hanya satu atau dua pihak saja,” harap Dian menutup percakapan.
(tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar