Sabtu, 12 November 2011

Sushi Makanan Jaman Kini

Kalian pasti tahu yang namanya sushi dong ?? sekarang uda gampang banget kalau mau makan sushi.. makanan khas Jepang ini sangat mudah di jumpai di restoran jepang di mall - mall. Tau sejarah sushi ? ini nih sedikit kulasannya.

Di jaman Edo, sushi dikenal hanya sebagai ikan mentah yang dibumbui dengan cuka. Sekarang, sushi sudah banyak berubah mengikuti perkembangan jaman. Sushi yang kita kenal hari ini adalah hidangan dengan kombinasi nasi putih, ikan mentah, cuka, wasabi, dan tentu saja sake.

Awal mula kata sushi berasal dari kata "Edomae zushi" yang dinamai oleh Hanaya Yohei (1799–1858) pada masa pemerintahan Edo. Edomae berarti teluk Edo, atau sekarang kita kenal dengan nama teluk tokyo. Sedangkan zushi berasal dari bentuk tata bahasa kuno yang berarti masam.
Jadi pada awalnya, sushi adalah hidangan ikan asem yang ditangkap di teluk Edo.
Konon kebiasaan mengawetkan ikan dengan menggunakan beras dan cuka ini berasal dari daerah pegunungan di Asia Tenggara. Sushi terbuat dari proses fermentasi ikan yang dikemas di dalam nasi. Cuka hasil fermentasi ini akan menguraikan asam amino dari daging ikan yang sangat baik untuk tubuh
Sebelum zaman Edo, sebagian besar sushi yang dikenal di Jepang adalah jenis oshizushi (sushi yang dibentuk dengan cara ditekan-tekan di dalam wadah kayu persegi). Pada zaman dulu, sushi dihidangkan dalam porsi besar. Sushi sebanyak 1 kan (1 porsi) setara dengan 9 kan (9 porsi) sushi zaman sekarang.
Pada zaman Edo periode akhir, di Jepang mulai dikenal bentuk awal dari nigirizushi. Namun ukuran porsi nigirizushi sudah dikurangi agar lebih mudah dinikmati. Ahli sushi bernama Hanaya Yohei menciptakan sushi jenis baru yang sekarang disebut edomaezushi. Pada masa itu, teknik pendinginan ikan masih belum maju. Akibatnya, ikan yang diambil dari laut sekitar Jepang harus diolah lebih dulu agar tidak rusak bila dijadikan sushi.
Sampai tahun 1970-an sushi masih merupakan makanan mewah. Rakyat biasa di Jepang hanya makan sushi untuk merayakan acara-acara khusus. Walaupun rumah makan kaitenzushi yang pertama sudah dibuka tahun 1958 di Osaka, penyebarannya ke daerah-daerah lain di Jepang memakan waktu lama. Makan sushi sebagai acara seluruh anggota keluarga baru terwujud di tahun 1980-an sejalan dengan makin meluasnya kaitenzushi.

Sushi sendiri memiliki banyak jenis, berikut merupakan beberapa jenis sushi yang sering kita jumpai.
1. Nigiri-zushi (握り寿司)


Sushi jenis ini adalah sushi yang paling terkenal di seluruh dunia. Sama seperti namanya, nigiri-zushi adalah sushi yang dihidangkan dengan cara dikepal oleh kedua telapak tangan sang koki (onigiri artinya nasi kepal). Menu utamanya bisa ikan salmon, tuna, udang, cumi-cumi, atau makanan laut lainnya.

2. Gunkan-maki (軍艦巻)


Sushi jenis ini dihidangkan dengan cara dibungkus dengan rumput laut yang dikeringkan. Umumnya berisi nasi, telur ikan, dan makanan laut lainnya.

3. Temari-zushi (手まり寿司)



Sushi yang satu ini dihidangkan dengan cara dibentuk bulat seperti bakso.

4. Oshi-zushi (押し寿司)



Sushi jenis ini adalah kebanggaan warga Osaka, karena oshi-zushi memang berasal dari kawasan Kansai. Sushi ini dihidangkan dengan cara dibentuk kotak dengan sebuah kayu berbentuk persegi panjang bernama oshibako.

5. Temaki-zushi (手巻き)



Sushi ini dihidangkan dengan cara dibungkus menyerupai kerucut. Cara makannya pun tanpa sumpit, alias langsung comot dengan tangan. Isinya berupa nasi, makanan laut, telur gulung dan sayur-sayuran.

6. Chirashi-zushi (ちらし寿司)



Sushi jenis ini dimakan bersama neta berupa makanan laut dan sayur-sayuran yang dipotong kecil-kecil dan dihidangkan bersama nasi. Nasi sushi tidak dibentuk melainkan diisikan ke dalam wadah dari kayu, piring atau mangkuk. Chirashizushi merupakan salah satu masakan rumah yang populer di Jepang untuk memperingati hari-hari istimewa seperti ulang tahun anak-anak dan perayaan Hina Matsuri.

7. Inari-zushi (稲荷寿司)


Nama sushi ini diambil dari nama seorang dewa atau dewi. Nasi menurut kepercayaan agama Shinto, yaitu Inari. Meskipun namanya sushi, hidangan ini gak ada ikan dan daging lho! Sushi ini hanya di balut kulit tahu yang rasanya manis dengan nasi jepang yang rasanya legit.

8. Fusion Sushi


Merupakan sushi “jadi-jadian” karena tercipta untuk memuaskan lidah para westerner yang nggak terbiasa dengan rasa sushi yang asli. Fusion sushi ini merupakan bentuk modifikasi dan variasi dari sushi asli, yang sudah di bubuhi dengan berbagai pelengkap lainnya seperti mayonnaise. Contoh dari fusion sushi ini adalah California Roll, Caterpillar Roll, Dynamite Roll, dan lain-lain.

Nah yang mana sushi kesukaan kalian ?? sushi tidak hanya enak tapi juga menyehatkan loh karena terbuat dari proses fermentasi yang menghasilkan asam amino yang baik untuk hormon dan antobodi tubuh.

sumber : jepang.net
wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar