Rabu, 23 November 2011

Komunikasi Budaya

Makanan Daerah
                                               
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwarisi dari generasi ke generasi. Budaya ini terbentuk dari unsur yang rumit, dan salah satu hasil kebudayaan adalah tradisi panganan. Dalam setiap kelompok budaya pasti memiliki kebiasaan yang berbeda, tentu keunikan ini dilakukan secara berlanjut dari nenek moyang. Melalui makanan kita juga bisa mengkomunikasikan budaya yang kita miliki dengan menunjukan ciri khas masing-masing daerah. Makanan dari setiap daerah berbeda – beda dan memiliki makna tertentu serta sejarah asal mula makanan tersebut berasal.
Bisa kita lihat bahwa, banyak sekali makanan yang menjadi ciri suatu kelompok, baik itu keluarga, lingkungan, masyarakat, hingga suku bangsa tertentu. Bahkan suatu daerah bisa saja menjadi terkenal karena makanan khasnya. 
Dalam makalah ini, kami memberikan contoh dimana dalam lingkungan kecil saja, sudah terdapat bermacam makanan yanng biasa disantap oleh masing-masing keluarga. Hal ini menunjukkan bahwa setiap keluarga memiliki tradisi yang berbeda yang disebabkan oleh perbedaan latar belakang budaya dan unsur lainnya. Makanan khas biasa disajikan khususnya untuk suatu perayaan seperti hari ulang tahun, tahun baru, imlek, hari raya lain
maupun yang secara rutin disiapkan karena sudah menjadi kebiasaan keluarga. Setiap makanan khas ini juga tidak lepas dari sejarah dan makna, dan membuatnya masih tetap dihidangkan hingga sekarang bahkan sampai keturunan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar